TUGAS
SOFTSKILL
*
TENTANG BANK BNI *
ANGGOTA
KELOMPOK :
AGUS HASAN (30112392)
KHOIRUL ABDULLAH (34112088)
MUHAMMAD RIDWAN (35112060)
RAHMAT ARIFIANTO (35112933)
TEDDY PRASTYA (37111050)
Latar
Belakang
Bank Negara Indonesia atau BNI (IDX:BBNI )
adalah sebuah institusi bank milik pemerintah, dalam hal ini adalah
perusahaanBUMN,
di Indonesia. Dalam struktur manajemen
organisasinya, Bank Negara Indonesia (BNI), dipimpin oleh seorang Direktur
Utama yang saat ini dijabat oleh Gatot Mudiantoro Suwondo.
Bank
Negara Indonesia (BNI) adalah bank komersial tertua dalam sejarah Republik Indonesia.Bank
ini didirikan pada tanggal 5 Julitahun 1946.
Saat ini BNI mempunyai 914 kantor cabang di Indonesia dan 5 di luar negeri. BNI
juga mempunyai unit perbankansyariah, Namun sejak 2010 telah spin off
(Memisahkan diri), yang dinamakan BNI Syariah
PT
Bank Negara Indonesia Tbk didirikan oleh Margono Djojohadikusumo,
yang merupakan satu dari anggota BPUPKI,
lalu mendirikan bank sirkulasi/sentral yang bertanggung jawab menerbitkan dan
mengelola mata uang RI.
Margono
berjasa besar atas perkembangan bisnis atau usaha perbankan di Indonesia. Karena
Margono adalah seorang pionir, maka dia berhasil menanamkan nilai-nilai dan
cara pandang bisnis perbankan di Indonesia, menggantikan peranan De
Javasche Bank pada era
penjajahan.
Awal Pendirian
Bank Negara Indonesia didirikan dan dipersiapkan pada
tanggal 5 Juli 1946 menjadi Bank Sirkulasi atau Bank Sentral yang
bertanggung jawab menerbitkan dan mengelola mata uang RI. Beberapa bulan
setelah pendiriannya, Bank Negara Indonesia mulai mengedarkan alat pembayaran
resmi pertama - Oeang Republik
Indonesia atau ORI.Pengusul dibentuknya sebuah Bank Sentral atau Bank Sirkulasi, serta sekaligus juga adalah
sebagai pendiri dan Direktur Utama Bank Negara Indonesia yang pertama
adalah Raden Mas (R.M.)
Margono Djojohadikusumo.
Pada 1955, Peran Bank Negara Indonesia beralih menjadi bank
pembangunan dan kemudian mendapat hak untuk bertindak sebagai bank devisa.
Sejalan dengan penambahan modal pada tahun 1955, status Bank Negara Indonesia
beralih menjadi bank umum dengan penetapan secara yuridis melalui Undang-Undang
Darurat nomor 2 tahun 1955.
Dengan inovasi perbankan yang luas, menimbulkan kepercayaan
pemerintah terhadap perusahaan BNI. Maka, pada 1968, status hukum Bank Negara Indonesia
ditingkatkan ke Persero dengan nama PT Bank Negara Indonesia.
Pada 2013, BNI memposisikan layanannya dalam tingkat yang lebih
tinggi. Bank BNI meluncurkan kartu kredit dan kartu ATM/debit bergambar Tim
Sepakbola peserta BPL,Chelsea, dengan logo MasterCard. Kartu tersebut dapat diterima oleh fans Chelsea. Bank BNI juga meluncurkan layanan trust bagi
industri ekspor, termasuk untuk industri minyak dan gas.
Sejarah Convensional
Sejarah Singkat BNI
Dengan sejarah yang kaya, kondisi
financial yang kuat, sumber daya manusia yang unggul dan teknologi yang andal, BNI
yakin telah berada di jalur yang tepat untuk menjadi bank nasional yang
berkemampuan global.
Didirikan pada tanggal 5 Juli 1946, PT Bank Negara Indonesia
(persero) Tbk atau BNI menjadi bank pertama milik negara yang lahir setelah
kemerdekaan Indonesia.Lahir pada masa perjuangan kemerdekaan Republik
Indonesia, BNI sempat berfungsi sebagai bank sentral dan bank umum sebagaimana
tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2/1946, sebelum
akhirnya beroperasi sebagai bank komersial sejak tahun 1955. Oeang Republik
Indonesia atau ORI sebagai alat pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan
Pemerintah Indonesia pada tanggal 30 Oktober 1946 dicetak dan diedarkan oleh
Bank Negara Indonesia.
Menyusul penunjukan De Javache Bank yang merupakan warisan
dari Pemerintah Belanda sebagai bank sentral pada tahun 1949, Pemerintah
membatasi peran BNI sebagai bank sentral. BNI lalu ditetapkan sebagai bank
pembangunan dan diberikan hak untuk bertindak sebagai bank devisa pada tahun
1950 dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri. Kantor cabang BNI
pertama di luar negeri dibuka di Singapura pada tahun 1955.
Peranan BNI untuk mendukung perekonomian Indonesia semakin
strategis dengan munculnya
inisiatif untuk melayani seluruh lapisan masyarakat dari Sabang
sampai Merauke pada tahun 1960-an dengan memperkenalkan berbagai layanan
perbankan seperti Bank Terapung, Bank Keliling, Bank Bocah dan Bank Sarinah.
Tujuan utama dari pembentukan Bank Terapung adalah untuk melayani masyarakat
yang tinggal di kepulauan seperti di Kepulauan Riau atau daerah yang sulit
dijangkau dengan transportasi darat seperti Kalimantan.BNI juga meluncurkan
Bank Keliling, yaitu jasa layanan perbankan di mobil keliling sebagai upaya
proaktif untuk mendorong masyarakat menabung.
Sesuai dengan UU No.17 Tahun 1968 sebagai bank umum dengan
nama Bank Negara Indonesia 1946, BNI bertugas memperbaiki ekonomi rakyat dan
berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional.
Segmentasi nasabah juga telah dibidik BNI sejak awal dengan
dirintisnya bank yang melayani khusus nasabah wanita yaitu Bank Sarinah di mana
seluruh petugas bank adalah perempuan dan Bank Bocah yang memberikan edukasi
kepada anak-anak agar memiliki kebiasaan menabung sejak dini. Pelayanan Bank
Bocah dilakukan juga oleh anak-anak.Bahkan sejak 1963, BNI telah merintis
layanan perbankan di perguruan tinggi saat membuka Kantor Kas Pembantu di
Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan. Saat ini BNI telah memiliki kantor
layanan hampir di seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta terkemuka di
Indonesia.
Dalam masa perjalanannya, BNI telah mereposisi identitas
korporatnya untuk menyesuaikan dengan pasar keuangan yang dinamis. Identitas
pertama sejak BNI berdiri berupa lingkaran warna merah dengan tulisan BNI 1946
berwarna emas melambangkan persatuan, keberanian, dan patriotisme yang memang
merefleksikan semangat BNI sebagai bank perjuangan. Pada tahun 1988, identitas
korporat berubah menjadi logo layar kapal & gelombang untuk
merepresentasikan posisi BNI sebagai Bank Pemerintah Indonesia yang siap
memasuki pasar keuangan dunia dengan memiliki kantor cabang di luar negeri.
Gelombang mencerminkan gerak maju BNI yang dinamis sebagai bank komersial
Negara yang berorientasi pada pasar.
Setelah krisis keuangan melanda Asia tahun 1998 yang
mengguncang kepercayaan masyarakat terhadap perbankan nasional, BNI melakukan
program restrukturisasi termasuk diantaranya melakukan rebranding untuk
membangun & memperkuat reputasi BNI.Identitas baru ini dengan menempatkan
angka ‘46’ di depan kata ‘BNI’. Kata ‘BNI’ berwarna tosca yang mencerminkan
kekuatan, keunikan, dan kekokohan.Sementara angka ‘46’ dalam kotak orange
diletakkan secara diagonal untuk menggambarkan BNI baru yang modern.
Peningkatan Shareholders Value
BNI kembali mencatat sejarah dengan menjual saham perdananya
kepada masyarakat melalui Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya
(BES) pada tahun 1996.Dalam sejarah perbankan nasional, BNI menjadi bank negara
pertama yang go-public.
Bersamaan dengan program divestasi saham pemerintah, BNI
menerbitkan saham baru pada tahun 2007 dan 2010 melalui Penawaran Umum Terbatas
(right issue) dengan memperluas komposisi kepemilikan saham publik
menjadi 40%. Dengan meningkatnya kepemilikan publik,
BNI dituntut untuk meningkatkan kinerja unggul
sehingga dapat memberikan nilai lebih kepada pemegang saham.
Globalisasi juga menuntut industri perbankan untuk selalu
meningkatkan kemampuan dalam memberikan solusi perbankan kepada seluruh
nasabah. Secara historis BNI focus pada corporate banking yang
didukung dengan infrastruktur retail banking yang kuat. Kini
BNI terus berupaya meningkatkan kapitalisasi keduanya menjadi keunggulan BNI.
Visi & Misi Bank BNI
v Visi
BNI
ü Menjadi
bank yang unggul, terkemuka, dan terdepan dalam layanan dan kinerja
BNI
berupaya menjadi Bank yang ‘unggul’ dalam bidang human capital yang
berkualitas, proses bisnis internal yang memberi nilai bagi nasabah melalui
improvement dan inovasi melalui produk/jasa yang beragam dan terpadu, serta
pengelolaan perbankan berkualitas dengan risiko terukur. ‘Terkemuka’ adalah
menjadi bank pilihan utama dengan kualitas layanan terbaik yang pada akhirnya
akan menjadikan BNI ‘terdepan’ dalam hal kinerja keuangan yang berkualitas
dibandingkan peers sehingga memberikan kualitas investasi yang memuaskan bagi
pemangku kepentingan.
v Misi BNI
ü Memberikan
layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan
selaku mitra pilihan utama
ü Meningkatkan
nilai investasi yang unggul bagi investor
ü Menciptakan
kondisi terbaik bagi karyawan sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan
berprestasi
ü Meningkatkan
kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan komunitas
ü Menjadi
acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik
Penghargaan BNI 2014
v Meraih
2 medali emas untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center
Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size
Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center
World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada
tanggal 10-15 November 2014.
v The
Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100
triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17
Oktober 2014.
v Peringkat
Atas Annual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan
Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16
Oktober 2014.
v The
Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Local Cash Management
Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management Service menurut polling, dan The Best Overall
Cross Border Management Service dari
Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014).
v Gold
Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project:
Indonesia Best Continuous Improvement
Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September 2014).
v The
Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes,
Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014).
v Most
Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta,
Rabu (16/7/2014).
v Emiten
Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Busnis
Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014.
v Tujuh
penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia
Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4
diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center
Support Professional HR, Best Help Desk,
dan Best in Costumer Service.
v Peringkat
Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014.
Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia (MRI)
Jakarta, 13 Juni 2014.
v The
Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in
Indonesia dari The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014,
Kuala Lumpur, 21 Mei 2014.
v The
Best Emiten Sektor Perbankan dari Majalah Investor, Jakarta, 8 Mei 2014.
v Memperoleh
Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip Nasional Republik Indonesia
(ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014. BNI menjadi bank pertama yang mendapatkan
akreditasi tersebut.
v Best
Cash Management Bank for Indonesia dalam Asia-Pacific Country Transaction Bank
Awards dari The Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014.
v Indonesia
Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure &
Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for
Shareholder's Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for
Responsibilities and Ethical Behaviour of Management and The Board of Director
dari majalah Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014.
v Gatot
M. Suwondo CEO PT Bank Negara Indonesia
(Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens Obsession
Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014.
v The
Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun
berturut-turut dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia
tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast Asia Magazine, di Kualalumpur, 23 Januari 2014.
BUDAYA PERUSAHAAN
Budaya Kerja BNI”PRINSIP
46”merupakan Tuntunan Perilaku Insan BNI, terdiri dari :
4 (Empat) Nilai Budaya Kerja
4 (Empat) Nilai Budaya Kerja
ü PROFESIONALISME
ü INTEGRITAS
ü ORIENTASI PELANGGAN
ü PERBAIKAN TIADA
HENTI
6 (Enam) Nilai Perilaku Utama Insan BNI
ü Meningkatkan Kompetensi
dan Memberikan Hasil Terbaik
ü Jujur, Tulus dan Ikhlas
ü Disiplin, Konsisten dan
Bertanggungjawab
ü Memberikan Layanan Terbaik
Melalui Kemitraan yang Sinergis
ü Senantiasa Melakukan
Penyempurnaan
ü Kreatif dan Inovatif
Setiap Nilai Budaya Kerja
BNI memiliki Perilaku Utama yang merupakan acuan bertindak bagi seluruh Insan
BNI, 6 (enam) Perilaku Utama Insan BNI adalah :
APLIKASI YANG DI GUNAKAN
Ø Aplikasi BNI SMS Banking
Merupakan
Fasilitas Layanan perbankan yang di pakai oleh bank BNI yang Memudahkan para
nasabah untuk isi ulang pulsa, transfer sampai bayar kartu kredit BNI semudah
mengirim SMS kepada teman atau rekan kerja.
Ø
Internet Banking
salah satu cara
yang aman yang bisa nasabah gunakan untuk melihat saldo rekening dan melihat
daftar transaksi. Uang yang ada di dalam Rekening kita tidak akan bisa dengan
mudah di ambil orang yang tak bertanggung jawab meski dia mengetahui password
dan username Internet banking kita.
Ø
BNI M-Secure
merupakan sebuah
aplikasi konversi yang berfungsi sebagai pengaman tambahan dalam bertransaksi
online di Internet Banking pada bank BNI. Aplikasi Ini bisa dipasang di
perangkat HP yang kita miliki.
0 komentar:
Posting Komentar